Tarif Tol Solo-Ngawi

Halo, para penjelajah yang terhormat, selamat datang di pesona Indonesia yang menawan!

Tarif Tol Solo-Ngawi: Seberapa Beres Dompet Anda?

Hai, warga Jawa Timur! Mimin punya informasi penting nih buat kalian yang sering melintas di jalan tol Solo-Ngawi. Biar gak kaget pas isi e-toll, yuk cari tahu lebih lanjut tentang tarif tol di jalur ini. Mimin jamin, artikel ini bakal bikin dompet kamu siap sedia, he-he.

Pengertian Tarif Tol

Tarif tol adalah biaya yang dikenakan kepada pengguna jalan tol untuk setiap kilometer yang dilalui. Nah, tarif ini biasanya ditentukan berdasarkan jenis kendaraan dan jarak tempuh. Jadi, sebelum masuk tol, ada baiknya kalian cek dulu saldo e-toll ya. Jangan sampai malu-maluin karena kehabisan saldo di tengah jalan, lho.

Tarif Tol Solo-Ngawi

Nah, sekarang kita masuk ke topik utama. Untuk ruas tol Solo-Ngawi, tarif yang berlaku terbagi menjadi beberapa golongan kendaraan, antara lain:

  • Golongan I: Rp 1.500/km
  • Golongan II: Rp 2.250/km
  • Golongan III: Rp 3.000/km
  • Golongan IV: Rp 4.500/km
  • Golongan V: Rp 6.000/km

Pembagian golongan kendaraan ini didasarkan pada jumlah sumbu roda, berat kendaraan, dan jenis kendaraan. Kalau kendaraan kamu masuk dalam golongan yang lebih tinggi, ya otomatis tarifnya juga lebih mahal.

Cara Menghitung Tarif Tol

Nah, setelah tahu berapa tarifnya, sekarang saatnya menghitung berapa biaya yang harus kamu keluarkan. Caranya gampang kok. Kamu tinggal kalikan jarak tempuh dengan tarif tol yang berlaku untuk kendaraanmu. Misalnya nih, kamu mau berangkat dari Solo ke Ngawi dengan mobil pribadi yang masuk dalam golongan I. Jarak tempuh Solo-Ngawi adalah 90 km. Berarti tarif tol yang harus kamu bayar adalah Rp 1.500/km x 90 km = Rp 135.000. Gampang kan?

Tips Menghemat Tarif Tol

Buat kamu yang sering bolak-balik lewat tol Solo-Ngawi, Mimin kasih tips nih biar bisa lebih hemat. Pertama, usahakan pakai kendaraan yang masuk dalam golongan tarif rendah. Kedua, hindari melintas di jam-jam sibuk. Soalnya, tarif tol biasanya lebih tinggi di jam-jam tertentu.

Tarif Tol Solo Ngawi

Halo, pembaca setiaku, apakah kalian berencana untuk melakukan perjalanan ke Ngawi dari Solo melalui jalan tol? Kalau ya, ada informasi penting yang harus kalian ketahui nih. Tarif tol yang akan kalian bayarkan bervariasi tergantung dari jenis kendaraan dan jarak yang akan ditempuh. Nah, biar nggak bingung, Mimin akan mengulasnya secara detail di artikel ini.

Kategori Kendaraan dan Tarif

Pertama-tama, kita akan bahas dulu soal kategori kendaraan dan tarif yang berlaku. Jadi, untuk kendaraan Golongan I seperti sedan, jip, dan truk kecil, tarif tol Solo-Ngawi sepanjang 90 kilometer adalah Rp39.000.

Sedangkan untuk kendaraan Golongan II seperti bus dan truk sedang, tarifnya sedikit lebih mahal, yaitu Rp56.000. Nah, kalau kamu membawa kendaraan besar seperti Golongan III atau IV seperti truk berat atau tronton, siap-siap untuk merogoh kocek lebih dalam karena tarifnya mencapai Rp73.000.

Tarif Berdasarkan Jarak Tempuh

Selain kategori kendaraan, jarak yang ditempuh juga mempengaruhi tarif tol Solo-Ngawi. Jadi, kalau kamu hanya menempuh sebagian jarak tol, misalnya hanya sampai Sragen, tarifnya akan lebih murah dari tarif penuh. Rinciannya sebagai berikut:

– Solo-Sragen (20 kilometer): Rp7.500 (Golongan I), Rp10.500 (Golongan II), Rp13.500 (Golongan III/IV)
– Sragen-Ngawi (70 kilometer): Rp24.500 (Golongan I), Rp33.500 (Golongan II), Rp42.500 (Golongan III/IV)

Tips Menghemat Tarif Tol

Nah, kalau kamu ingin menghemat biaya tol, ada beberapa tips yang bisa kamu coba. Pertama, usahakan untuk menggunakan kendaraan Golongan I yang tarifnya paling murah. Kedua, jika memungkinkan, hindari menempuh perjalanan di jam-jam sibuk seperti pagi dan sore hari karena biasanya tarif tol lebih tinggi. Terakhir, manfaatkan promo atau diskon yang sering ditawarkan oleh pengelola tol, seperti diskon untuk kendaraan tertentu atau diskon hari raya.
**Jelajahi Keindahan Indonesia di Jalansolo.com!**

Rasakan keindahan Indonesia yang memukau melalui artikel-artikel menarik di Jalansolo.com. Bersama kami, jelajahi destinasi-destinasi eksotis, nikmati budaya yang kaya, dan kagumi keajaiban alam.

Jangan lewatkan kesempatan untuk membagikan artikel inspiratif ini kepada orang-orang yang Anda sayangi. Mari kita bersama-sama menginspirasi dan memotivasi lebih banyak orang untuk menjelajah keindahan tanah air kita.

Selain itu, jangan lupa untuk menjelajahi artikel-artikel menarik lainnya di Jalansolo.com. Nikmati kekayaan kuliner, temukan petualangan seru, dan dapatkan wawasan tentang sejarah dan budaya Indonesia.

Mari kita kobarkan kecintaan kita terhadap Indonesia dan bersama-sama dukung pariwisata dalam negeri. Jelajahi, bagikan, dan nikmati keindahan Indonesia!

Tinggalkan komentar